Wisata Sumatera Taman Wisata Salib Kasih

Wisata Sumatera Taman Wisata Salib Kasih

tempatwisatadisumatera.web.id – Wisata Sumatera Taman Wisata Salib Kasih, Sebuah monumen dibangun pada Oktober 1933 berbentuk salib yang di bagun di Dolok atau Bukit Siatas Barita untuk mengenang dedikasi dan pengabdian yang luar biasa dari Dr. Ingwer Ludwig Nommensen.

Sejarah

Dr. Ingwer Ludwig Nommensen adalah seorang misonaris Kristen Protestan yang dianggap berjasa bagi raja raja atau masyarakat Batak Toba.

Pada saat menyebarkan agama Kristen di Tapanuli , Nommensen berkali kali hendak dibunuh oleh masyarakat pribumi disana namun selalu gagal.

Usaha Nommensen pun tak sia sia karena banyak masyarakat lokal akhirnya memeluk agama Kristen dan meninggalkan kepercayaan lama mereka yaitu animism.

Jasa-jasa yang dilakukan Nommensen bukan hanya membawa agama Kristen ke tanah Batak saja, tapi Ia juga berusaha untuk memperbaiki pertanian, peternakan, meminjamkan modal, dan menebus hamba-hamba dari tuannya. Jasa Nommensen juga dikenang oleh orang Batak antara lain karena usahanya di bidang pendidikan dengan membuka sekolah penginjil yang menghasilkan penginjil-penginjil Batak pribumi.

Ia pun akhirnya mendapat gelar sebagai Rasul Orang Batak. Nommensen meninggal pada tanggal 23 Mei 1918, pada umur 84 tahun.

Baca juga : Wisata Sumatera Danau Linting

Wisata rohani keren ini terdapat di Desa Situngkir, Simorangkir Julu, Kota Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia. Salib Kasih sendiri merupakan sebuah monumen berupa salib dengan ukuran yang besar dan menjulang tinggi. Bentuknya juga seperti bentuk salib kebanyakan.

Fasilitas

Di lokasi Salib Kasih terdapat patung IL Nommensen berwarna putih. Disinilah pertama kali Nommensen berkhotbah dan dia menghadap ke arah Rura Silindung dibawah dia. Selain itu, di lokasi Salib Kasih terdapat banyak ruangan ruangan kecil khusus untuk berdoa umat Kristen. Di dalam ruangan doa tersebut terdapat gambar Yesus Kristus serta satu buah Alkitab.

Di lokasi Salib Kasih terdapat tempat duduk dan pondok pondok yang terbuat dari keramik. Dari sinilah kita dapat puas melihat keindahan pemandangan Kota Tarutung dari ketinggian.

Susana sekitaran Salib Kasih juga sejuk dan masih asri. Banyak pohon pinus yang mengelilingi lokasi Salib Kasih menjadikan udara di sekitarnya masih segar dan alami.

Banyak juga terdapat patung patung khas Kristen dan nisan yang bisa dijadikan untuk spot berfoto ria.

Menuju lokasi Salib Kasih di puncak bukit, pengunjung akan menaikin ribuan anak tangga. Ada dua jalur yang disediakan yaitu jalur untuk orang tua dan jalur untuk orang muda.

Selama perjalanan menuju lokasi, kalian akan melewati pohon pohon pinus yang rindang. Kalian akan melewati papan tulisan 10 Perintah Tuhan yang dipasang di pohon pohon pinus tersebut.

Selain 10 Peintah Tuhan, banyak juga ayat ayat alkitab yang akan kalian lewati sebelum mencapai Salib Kasih. Jika kalian lelah, kalian juga dapat beristirahat sejenak di bangku bangku yang ada di perjalanan menuju puncak.

Untuk lokasi parkir kendaraan, kalian tak perlu kawatir. Lokasi parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan empat sudah di sediakan di sini.

Memasuki kawasan Salib Kasih, kalian akan dikenai biaya 4.000 rupiah saja per orangnya.

Karena keindahan dan nuansa religinya, Salib Kasih pun menjadi objek wisata unggulan yang ada di Sumatera Utara.

Related posts