Wisata Seru Air Terjuns Si Gura Gura

Wisata Seru Air Terjuns Si Gura Gura

Wisata Seru Air Terjuns Si Gura Gura – Dengan ketinggian mencapai 250 meter, Air Terjun Sigura-gura merupakan yang tertinggi di Indonesia. Angka ini mengalahkan Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payakumbuh (150 meter) yang berada di Sumatera Barat.

Dihiasi tebing-tebing di sekelilingnya serta tumbuhan liar membuat Air Terjun Sigura-gura ini terlihat eksotis meski dari kejauhan, bahkan suara dentuman air yang mengalir deras turut menyejukkan telinga. Aliran air ini rupanya bersumber dari Sungai Asahan, sementara Sungai Asahan sendiri berasal dari Danau Toba.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Air Terjun Sigura-gura berada di Kabupaten Toba Samosir yang menjadi tujuan wisata para turis baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga tak sulit menjangkau objek wisata alam yang satu ini.

Kalau tertarik menikmati pesona Air Terjun Sigura-gura, kamu bisa menempuh perjalanan dari Kota Medan menuju Toba Samosir dengan jarak kurang lebih 250 km dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dari pusat kota.

Walau terbilang cukup jauh dari Kota Medan, perjalanan wisatawan menuju Air Terjun Sigura-gura tak akan membosankan karena sepanjang jalur yang ditempuh akan disuguhkan pemandanan Danau Toba.

Baca Juga :

Panorama Air Terjun Sigura-gura juga sukses menyedot ketertarikan kelompok pecinta alam untuk datang ke sini. Mereka bahkan dengan sengaja berkemah atau melakukan olahraga panjat tebing di sekitar Air Terjun Sigura-gura.

Olahraga ini jelas sangat berbahaya karena kamu akan menaiki ketinggian tebing bebatuan yang lumayan licin. Jadi, hanya orang-orang yang sudah terlatih secara khusus yang boleh melakukan panjat tebing di kawasan Air Terjun Sigura-gura.

Air Terjun Sigura-gura tidak hanya bisa dinikmati keindahannya, tapi lebih dari itu memiliki manfaat yang sangat besar. Tak jauh dari sana, terdapat waduk untuk menampung Air Terjun Sigura-gura. Nah air ini nantinya dimanfaatkan warga sekitar untuk irigasi lahan-lahan yang menjadi sumber kehidupan mereka.

Related posts