Wisata Pemandangan Bukit Gundaling

Wisata Pemandangan Bukit Gundaling

Wisata Pemandangan Bukit Gundaling – Hampir di setiap sudut wilayah Indonesia memiliki potensi wisata yang luar biasa, tak terkecuali Sumatera Utara. Di sana, kita bisa menemukan begitu banyak lokasi wisata, baik itu wisata pantai, air terjun, maupun wisata alam lainnya. Dan dari sekian banyak tempat wisata alam tersebut, salah satunya yang sangat sayang untuk di lewatkan adalah Bukit Gundaling.

Lokasi Bukit Gundaling

Bukit Gundaling termasuk ke dalam salah satu objek wisata yang banyak di kunjungi wisatawan yang ingin memanjakan penglihatannya dengan pesona pemandangan alam yang masih asri. Bukit Gundaling ini terletak di Kota Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan berjarak kurang lebih sejauh 3 km dari pusat kota Berastagi. Sedangkan jika diukur dari Kota Medan, jaraknya kira-kira sejauh 66 km.

Baca Juga :

Fasilitas yang Ada di Bukit Gundaling

Sebagai salah satu objek wisata yang memiliki banyak penggemar, Bukit Gundaling dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya. Berbagai fasilitas tersebut antara lain:

Jalan setapak yang bisa digunakan untuk jogging oleh pengunjung
Taman yang juga dilengkapi dengan tempat duduk indah yang bisa dijadikan tempat bersantai oleh pengunjung
Warung yang menyajikan aneka makanan yang bisa dijadikan sebagai alternatif oleh pengunjung yang tidak membawa bekal
Warung cenderamata sehingga pengunjung tidak perlu jauh-jauh jika ingin membeli cenderamata untuk kenang-kenangan
Penginapan di sekitar bukit untuk pengunjung yang hendak menginap dengan harga yang terjangkau
Kios buah yang menjual aneka buah-buahan
Kios tanaman hias yang juga menjual aneka tanaman hias

Keistimewaan Bukit Gundaling

Sebagaimana tempat wisata yang lainnya, Anda akan dikenai biaya retribusi yang harus Anda bayar di loket yang tepat berada di pintu masuk menuju Bukit Gundaling. Jangan galau dulu, karena retribusi masuk Bukit Gundaling ini sangat murah. Baru setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda menyusuri jalanan Bukit Gundaling yang dibingkai oleh aneka tanaman.

Bukit Gundaling adalah destinasi wisata keluarga yang banyak ditumbuhi oleh pohon pinus dan berada di ketinggian 1.575 mdpl, sehingga tidak mengherankan begitu Anda sampai di puncak, Anda akan mendapatkan udara segar sebagai ganti perjalanan yang mungkin Anda rasa melelahkan.

Bukan hanya udara segar saja yang akan Anda dapatkan, Anda juga bisa menikmati keindahan Kota Berastagi serta deretan bukit-bukit yang masih dilengkapi dengan pemandangan 2 gunung berapi yang masih aktif yang mengapit Kota Berastagi, yakni Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Dan sekali lagi, pemandangan apik ini akan Anda dapatkan hanya jika Anda sudah berada di puncak Bukit Gundaling.

Puncak Bukit Gundaling ini juga masih dilengkapi dengan berbagai bunga-bunga yang tampak cantik serta patung manusia yang menggunakan pakaian adat khas dari Suku Batak Karo, dan jika Anda membawa anak-anak turut serta, puncak bukit ini bisa menjadi taman beramain yang cocok untuk mereka.

Tetapi jangan lupa, untuk terus memantau anak-anak tersebut, karena bagaimanapun Bukit Gundaling merupakan dataran tinggi, dan karena angin di Bukit Gundaling juga cukup keras, sangat disarankan untuk membawa jaket bagi Anda yang tidak kuat dengan hawa dingin.

Ingin menginap sambil menanti sunset, pemandangan indah di malam hari ataupun sunrise di puncak Bukit Berastagi? Bisa kok. Anda hanya perlu mendatangi penginapan yang ada di sekitar bukit. Komplit bukan?

Berbagai Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Bukit Gundaling Berastagi
Selain menikmati pemandangan indah dari puncak Bukit Gundaling, ada beberapa aktifitas lain yang bisa Anda lakukan selama Anda berada di Bukit Gundaling , antara lain:

  • Mengitari Bukit Gundaling dengan berjalan kaki
  • Mengitari Bukit Gundaling dengan menggunakan dokar atau delman yang disewakan oleh penduduk setempat dengan biaya yang terjangkau
  • Mengitari Bukit Gundaling dengan menunggang kuda yang pasti akan tetap dituntun oleh pemiliknya
  • Menikmati sunrise ataupun sunset dari puncak bukit
  • Menikmati pemandangan Kota Berastagi dari puncak Bukit Berastagi saat malam hari
  • Jogging ataupun jalan-jalan dengan menyusuri jalan setapak yang ada di Bukit Gundaling
  • Menyewa tenda atau tikar selama mungkin atau sesuai kebutuhan seharga Rp 50.000,- untuk tikar yang berukuran sedang dan Rp 75.000,- untuk tikar yang berukuran besar (informasi tahun 2015)

Cara Menuju Bukit Gundaling

Untuk menuju ke Bukit Gundaling, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan kendaraan umum. Tetapi yang sangat disarankan, sebaiknya Anda membawa kendaraan pribadi saja karena kendaraan umum terkadang tidak mau mengantarkan penumpang hingga puncak. Tetapi jika terpaksa, karena anda tak mempunyai kendaraan pribadi, maka anda bisa menyewa angkutan umum dari Berastagi.

Nah, itulah di atas sedikit ulasan mengenai Bukit Gundaling dan segala pesona keindahannya, serta info lainnya seputar tempat wisata tersebut. Semoga bisa menjadi referensi buat anda yang sedang mencari tempat liburan asyik di Sumatera Utara.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Wisata Pemandangan Bukit Gundaling
Author Rating
51star1star1star1star1star