Wisata Pantai Lagundri Nias

Wisata Pantai Lagundri Nias

Wisata Pantai Lagundri Nias – Indonesia yang merupakan negara kepulauan memang memiliki keindahan alam berupa pantai dan lautan yang berlimpah. Salah satunya di Sumatera Utara. Di sana ada Pulau Nias yang menarik untuk dijelajahi sebagai tempat wisata. Keindahan pantai dan laut di sekitar Pulau Nias pun semakin terlihat menarik karena pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Di Nias Selatan sendiri ada salah satu objek wisata yang sudah sering dikunjungi para wisatawan dunia, yaitu Pantai Lagundri. Berikut beberapa penjelasan mengenai pantai ini.

Keindahan Lagundri

Mungkin nama dari pantai yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Sumatera Utara ini belum begitu familiar sebagai objek wisata, terutama bagi wisatawan awam. Akan tetapi, para wisatawan yang suka olahraga selancar atau surfing pasti sudah mengenal nama dari pantai ini. Ya, pantai ini adalah salah satu pantai terbaik untuk melakukan olahraga surfing. Bahkan, para surfer profesional mengatakan bahwa ombak di Pantai Lagundri ini termasuk salah satu ombak terbaik untuk berolahraga selancar.

Setiap tahunnya, ada banyak wisatawan domestik dan asing yang mengunjungi pantai ini untuk menikmati kegiatan olahraga surfing yang sangat mereka gemari. Gulungan ombak di pantai ini memang tinggi dan panjang, sehingga para peselancar akan lebih puas untuk bisa berdiri lebih lama di atas papan selancar. Ketinggian ombak yang ada adalah 3 hingga 5 meter. Sedangkan pada bulan-bulan tertentu, yaitu April hingga September, tinggi ombak mencapai 7 hingga 10 meter. Selain itu, dorongan ombak akan bisa membawa peselancar melesat sepanjang 200 meter. Terutama saat bulan purnama tiba.

Di samping keistimewaan pantai ini sebagai surga bagi para peselancar, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah. Lautan biru yang luas dan hamparan pasir putih yang masih sangat alami akan memanjakan mata semua wisatawan. Maka, jika Anda tidak memiliki kemampuan selancar atau surfing yang hebat, berwisata di sini tetap bisa dilakukan untuk menikmati keindahan alam yang ada. Sehingga bisa dikatakan bahwa pantai ini merupakan salah satu Wisata Bahari di Indonesia yang terbaik di kelas internasional.

Lokasi pantai ini juga sering kali dijadikan lokasi untuk mengadakan perlombaan atau acara para peselancar, baik level nasional bahkan level internasional. Hal inilah yang seringkali menarik minat wisatawan, khususnya para peselancar dari Australia. Jika Anda berwisata ke sana dan bertepatan dengan diadakannya acara peselancar, maka itu akan menjadi kebetulan yang menarik, karena Anda bisa melihat bagaimana mereka melakukan olahraga ekstrem ini.

Keindahan dari Pantai Lagundri juga menjadikan daya tarik yang menawan, khususnya bagi para fotografer. Selain Pantai Plengkung Banyuwangi, pantai ini juga merupakan lokasi pantai peselancar yang indah. Para fotografer memang akan tertarik untuk mengasah kemampuan mengambil gambar di sekitar pantai ini, terutama saat acara peselancar diadakan. Karena pasti akan menjadi kebanggaan tersendiri jika bisa mengambil gambar terbaik dari para surfer dunia. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati sunset di Indonesia.

Lokasi dan Akses ke Lagundri

Lokasi Pantai Lagundri bersebelahan dengan Pantai Sorake yang juga populer di kalangan wisatawan dan surfer yang menuju ke Nias Selatan. Tepatnya di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Walau lokasinya mungkin memang sedikit terpencil dan membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa sampai di sana, akan tetapi, pantai ini tetap menjadi primadona, khususnya di kalangan surfer.

Baca Juga :

Dan karena letak yang terpencil inilah lokasi pantai ini tetap alami dan asri hingga saat ini. Pantai ini bisa dicapai dengan jarak kurang lebih 12 km dari ibu kota Nias Selatan, Kota Telukdalam. Hal inilah yang menjadikan para wisatawan tidak ingin cepat-cepat kembali ke negara asalnya jika berkunjung ke pantai ini. Banyak dari mereka yang menginap di sana, terutama saat ada acara tertentu yang diadakan di sana.

Untuk bisa sampai di Pantai Lagundri dan Pantai Sorake, wisatawan bisa menggunakan dua cara, yaitu lewat udara, dan lewat darat.

Transportasi Udara (Dari Medan)

Jika Anda ingin menggunakan moda transportasi udara, maka Anda bisa memulai perjalanan dengan menuju Bandara Kuala Namu Medan. Sempatkan juga mengunjungi beberapa Tempat Wisata di Medan yang tidak jauh dari bandara. Dari bandara ini, akan ada dua maskapai penerbangan yang bisa mengantar menuju Nias, yaitu Wings Air dan Merpati. Jam keberangkatan adalah pagi hari sekitar pukul 07.00. Dan jika ingin kembali ke Kuala Namu Medan, jadwal keberangkatan dari Gunungsitoli Nias adalah pukul 08.20. Dari Gunungsitoli, Anda bisa naik kendaraan umum berupa minibus.

Transportasi Darat (Dari Sibolga)

Nias adalah salah satu Pulau di Sumatera Utara yang bisa dituju juga dengan transportasi darat. Untuk menuju ke Nias lewat jalur darat, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Sibolga karena kota itu adalah kota terdekat dan termudah untuk akses ke sana. Di Sibolga akan ada bus antarkota dan armada travel. Dari Sibolga, wisatawan bisa naik kapal laut atau kapal feri untuk sampai ke Gunungsitoli. Perjalanan laut kurang lebih akan menempuh 11 jam perjalanan. Jam keberangkatan adalah pada malam hari jam 21.00 dan akan sampai di Nias pada pagi harinya kurang lebih jam 07.30. Namun kabarnya ada pilihan kapal penyeberangan yang lebih cepat dengan harga yang tentunya lebih mahal.

Harga Perjalanan Lagundri

Untuk menikmati pariwisata di Pantai Lagundri, berikut beberapa daftar harga yang mungkin bisa membantu Anda dalam mempersiapkan perjalanan menuju ke sana. Siapkan budget perjalanan Anda dan rencanakan perjalanan Anda dengan sebaik-baiknya.

  • Harga tiket pesawat Kuala Namu – Nias berkisar Rp 700.000 untuk 1 penerbangan
  • Transportasi umum minibus dari Bandara Binaka Gunungsitoli ke Pantai Rp 40.000
  • Harga tiket kapal feri ekonomi Rp 69.000
  • Harga tiket kapal feri cabin Rp 103.000

Itulah beberapa referensi dari harga tiket perjalanan menuju Nias untuk bisa berwisata ke pantai tersebut. Jika ingin menginap di sekitar Pantai Sorake dan Lagundri, Anda bisa mendapatkan penginapan yang harganya cukup murah, yaitu kurang lebih Rp 75.000 per malamnya dengan fasilitas standar yang cukup lengkap.

Bisa dikatakan akomodasi dan harga makanan di sekitar Nias Selatan terbilang terjangkau. Hanya saja perjalanan menuju ke sana mungkin akan lebih menghabiskan banyak biaya dan juga waktu yang panjang. Maka dari itu, siapkan rencana perjalanan Anda dengan sebaik-baiknya agar bisa menikmati pariwisata di pantai ini dengan nyaman dan tidak terkendala suatu apapun.

Demikianlah penjelasan mengenai Pantai Lagundri sebagai salah satu pantai wisata dan pantai yang sangta cocok untuk olahraga surfing. Semoga penjelasan di atas bisa membantu perjalanan wisata Anda.Harga makanan di sekitar pantai Rp 25.000 (makanan sekelas nasi goreng)

Summary
Review Date
Reviewed Item
Wisata Pantai Lagundri Nias
Author Rating
51star1star1star1star1star

Related posts