Wisata ke Teluk Kiluan

Wisata ke Teluk Kiluan

Wisata Ke Teluk Kiluan – Melihat Lumba-lumba beratraksi memang sangat menyenangkan. Selama ini mungkin hanya bisa dilihat di kebun binatang, atraksi pertunjukan sirkus ataupun hanya di film-film dokumenter. Tetapi di negeri Indonesia ini memiliki suatu tempat yang menjadi jalur migrasi terbesar lumba lumba yang bisa kita lihat langsung dengan mata telanjang. Teluk Kiluan mnejadi jalur migrasi dan tempat favorit wisatawan untuk langsung bercengkrama dengan atraksi lumba-lumba.

Obyek Wisata

Teluk kiluan menjadi jalur migrasi bagi spises lumba-lumba. Ada dua jenis lumba-lumba yang bermigrasi di jalur ini. Yaitu, lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba spinner. Untuk berjumpa langsung dengan kawanan lumba-lumba ini wisatwan harus menaiki sebuah perahu ketinting yang hanya bisa memuat maksimal 4 orang dewasa dan ke tengah lautan yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dan berangkat di pagi hari.

Dengan air laut yang berwarna jernih dan hijaunya gugusan perbukitan yang jauh membuat landscape pemandangan disekitarnya begitu indah, ditambah dengan aksi aktraksi dari puluhan lumba lumba yang menari-nari di air semakin membuat detak kagum kepada negeri ini. Apbila beruntung, wistawan akan menemui ratusan sampai ribuan lumba lumba yang melewati jalur ini. Disini salah satu jalur migrasi terbesar yang ada di seluruh dunia.

Beda dengan Pantai Lovina Bali, di Teluk Kiluan lumba lumba hampir tiap hari bisa ditemui dengan mudah karena jumlah mereka yang laguna teluk kiluan sumatera selatan. Tak jarang mereka mendekati dan beratraksi didekat kapal sembari menyapa para tamu yang datang. Selain lumba lumba, disini juga menjadi tempat habitat asli dari Penyu Hijau dan Penyu Sisik.

Setelah puas melihat atraksi lumba lumba, pengunjung juga bisa menikmati pantai ataupun pulau-pulau yang ada di sekitar Teluk Kiluan. Salah satunya Pulau Kelapa atau Pulau Kiluan yang mempunyai keindahan pasir putih, air laut yang jernih, keindahan bawah laut yang begitu mempesona dan sebuah laguna yang berada di pinggir pantai. Di pulau tersebut pengunjung juga bisa menhabiskan waktu dan menginap di cotage-cotage yang telah disediakan.

Lokasi

Teluk kiluan terletak di Desa Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Propinsi Lampung .

Akses

Berjarak sekitar 80 km dari Kota Bandar Lampung dan memakan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam karena jalan yang dilalui masih tergolong belum mulus. Melewati perbukitan yuang naik turun dan berkelok. Disarankan apabila menggunakan kendaraan pribadi yang bukan tipe sedan dan sebaiknya dijadwalkan pada saat kemarau.

Apabila menggunakan kendaraan umum bisa dimulai dengan Pelabuhan Bakahueni menggunakan bus atau travel menuju Bandar Lampung. Setalah sampai di Bandar Lampung diteruskan dengan menggunakan travel menuju Kiluan dengan jarak tempuh 3-4 jam perjalanan.

Fasilitas dan Akomodasi

Di Teluk Kiluan terdapat beberapa homestay sederhana namun tetap nyaman dan dapat ditempati 5-6 orang. Di Pulau Kelapa (Pulau Kiluan) hanya terdapat sebuah homestay sederhana yang memiliki 4 kamar dan minim fasilitas yang bisa ditempati oleh 5-6 orang.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Wisata ke Teluk Kiluan
Author Rating
51star1star1star1star1star

Related posts