Wisata Ke Hutan Punti Kayu Palembang

Wisata Ke Hutan Punti Kayu Palembang

Wisata Ke Hutan Punti Kayu Palembang – Kamu merasa bosan dan ingin berwisata yang anti mainstream? Bisa dicoba untuk mengunjungi Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Punti Kayu di Palembang, Sumatera Selatan. TWA ini merupakan taman atau hutan yang bisa dikunjungi untuk berekreasi.

TWA Hutan Punti Kayu yang menjadi kawasan hutan wisata satu-satunya di Palembang ini merupakan daya tarik tersendiri bagi travellers. Kawasan Hutan Punti Kayu terbagi menjadi empat bagian, yakni wilayah perkemahan, wilayah hutan lindung, wilayah danau dan rawa dan yang terakhir adalah wilayah rekreasi. Nah, wilayah rekreasi inilah yang cocok bagi traveller yang memiliki anak karena wilayah ini ramah anak.

Wilayah taman rekreasi Hutan Punti Kayu ini memiliki banyak sarana prasarana.Yang ingin melihat keragaman flora dan fauna, bisa ke kebon binatang yang ada di sana. Ada pula penangkaran buaya yang bisa dilihat para traveller. Ada pula kolam berenang dan area tempat duduk untuk yang ingin sekadar beristirahat.

Baca Juga :

Hutan Punti Kayu menyajikan panorama indah hutan pinus(pinus mercussi) dengan kebun binatang mini berisi beruk (macacanemistriana), kera ekor panjang(macacafasicicularis), dan lain-lain yang menjadi tambahan daya tarik yang indah. Selain itu, arena atraksi gajah, arena menunggang kuda, kolam renang anak, dermaga perahu, joglo, panggung terbuka dan jembatan gantung membuat hutan ini menjadi semakin lengkap.

Kerennya lagi, hutan yang berkontribusi banyak dalam penyerapan karbon dioksida dan mengimbangi pembangunan di Palembang ini, telah mendapatkan penghargaan adipura. Jadi, punya fungsi ganda, bisa sebagai tempat wisata dan juga merupakan sarana paru-paru Kota Palembang di Sumatera Selatan.

Tiket Masuk Punti Kayu Palembang

Datanglah pada jam-jam operasional. Hutan ini dibuka pada hari Senin sampai Jumat pada jam 9:00-16:00 WIB. Sementara saat weekend, sabtu minggu dibuka pada jam 9:00 – 17:00 WIB. Harga tiket masuknya berkisar Rp. 10000,- untuk dewasa dan Rp. 5000,- untuk anak-anak. Mobil Rp.10000,- dan untuk motor Rp.7000,-. Untuk masuk ke wahana dikenai biaya Rp. 10000 dan masuk kebun binatang Rp. 1000,- kamu bisa melihat sekitar 20 macam jenis satwa di kebun binatang wilayah Hutan Punti Kayu.

Wisata Hutan Punti Kayu sebagai Solusi Liburan Keluarga

Jika kamu berniat untuk piknik atau acara makan-makan di TWA, usahakan bawa dari luar. Hal ini dikarenakan harga makanan di dalam area hutan mahal. Akan lebih baik untuk datang saat weekend karena pada hari kerja(senin-jumat) biasanya sepi. Alasan lainnya adalah pada jam kerja tersebut tidak tersedia fasilitas naik gajah ataupun kuda. Arena permainan pun ditutup.

Pada hari libur biasanya diadakan acara musik atau lomba untuk menghibur pengunjung. Nah, disarankan sekali membawa alas duduk karena biasanya pendopo/tempat duduk sangat penuh. Tetapi jika kamu kebagian tempat duduk pun masih disarankan membawa alas duduk karena biasanya tempat tersebut terkadang kotor.

Jika masih ingin mengunjungi walau di jam kerja, bisa foto dengan gajah dengan membayar sekitar Rp. 2000. Kamu bisa menemui gajah di telaga dekat pintu masuk sementara untuk kuda dapat ditemui di dekat kolam. Bila kamu beruntung, kamu bisa menemui pawangnya dan berfoto dengan gratis alias tanpa dipungut biaya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Wisata Hutan Punti Kayu Palembang
Author Rating
51star1star1star1star1star

Related posts