Wisata Kampung Cina Di Bengkulu

Wisata Kampung Cina Di Bengkulu

Kampung Cina, Bengkulu – Bengkulu merupakan sebuah daerah yang berada di Pulau Sumatera dan merupakan sebuah kawasan yang memiliki karakteristik tersendiri. Bengkulu sering dijadikan Referensi Liburan Akhir Tahun oleh kebanyakan orang yang ingin suasana baru. Bengkulu ternyata juga memiliki sebuah kawasan Pecinan yang menarik untuk dieksplorasi saat Anda kebetulan merencanakan kegiatan wisata di sana. Inilah kawasan Wisata Kampung Cina Bengkulu yang kini juga menjadi lebih cantik dan lebih tertata dengan baik.

Kampung Cina Bengkulu

Seperti halnya di daerah lain di Indonesia, kawasan Pecinan atau Kampung Cina memang hampir selalu ada. Sepeti misalnya Wisata Pecinan Jogja yang juga berada di pusat kota Jogja. Kampung Cina di Bengkulu ini pun juga sudah ada sejak dulu dan juga memiliki rentetan kisah sejarah yang cukup panjang. Kampung Cina ini sudah ada di tahun 1600-an dan juga menjadi saksi bisu masa penjajahan di Indonesia.

Sehingga di sana pasti ada sisa-sisa peninggalan sejarah dan arkeologi. Kebanyakan bangunan di sana juga mengambil bentukan langsung khas bangunan Cina sehingga suasana Tionghoa sangat kental saat memasuki kawasan ini. bangunan pertokoan yang ada di sana juga banyak yang masih mempertahankan keunikan dan nuansa kunonya.

Dulu, kawasan ini sempat menjadi kawasan yang sepi. Pertokoan di sana juga banyak yang tutup walau ada juga beberapa yang masih buka. Sedangkan kawasan ini mungkin hanya ramai ketika perayaan hari besar seperti Imlek saja. Akan tetapi, kini ada beberapa fasilitas tambahan dan juga perbaikan di beberapa hal sehingga menjadikan Wisata Kampung Cina Bengkulu menjadi lebih menarik untuk dikunjungi sebagai salah satu Tempat Wisata di Bengkulu.

Kebanyakan bangunan di kampung ini terdiri dari 2 lantai. Atapnya melengkung ke atas. Bentuk bangunan memanjang ke belakang. Seperti halnya rumah kuno Tionghoa lainnya, rumah di kawasan kampung cina ini memiliki hiasan yang unik dan khas. Salah satunya dengan adanya ventilasi di bagian depan rumah untuk sirkulasi udara. Namun seiring perkembangan zaman, ada beberapa bangunan yang memang diubah bentuknya oleh pemiliknya karena beberapa hal.

Wajah Baru Kampung Cina Bengkulu

Tidak seperi Wisata Pecinan Surabaya yang semakin lama semakin ditinggalkan, Kampung Cina Bengkulu justru diperbaiki oleh pemerintah. Renovasi terhadap Kampung Cina Bengkulu dilakukan oleh pemerintah kota Bengkulu baru-baru ini.

Kini Anda yang ingin mengeksplor kawasan tersebut bisa melihat wajah baru yang ada di sana. Perbaikan dilakukan di beberapa aspek. Salah satunya adalah trotoar pejalan kaki yang kini menjadi lebih nyaman bagi para pejalan kaki. Selain itu jalan di sana juga diperbaiki.

Selain itu, kini sudah ada fasilitas kursi di trotoar yang diperuntukkan wisatawan yang ingin duduk-duduk melepaskan lelah. Juga sering dijadikan lokasi tongkrongan anak muda, sekaligus spot foto yang menarik. Pengunjung yang ingin meneksplorasi kawasan ini tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat untuk beristirahat dikala lelah.

Perbaikan dalam membentuk wajah baru Wisata Kampung Cina Bengkulu ini memang dilakukan oleh pemerintah setempat. Namun warga sekitar juga turut andil dalam usaha tersebut. Dimana banyak toko yang diganti catnya serta pemasangan dekorasi seperti lampion yang ditujukan untuk menghiasi suasana kawasan tersebut.

Dengan adanya wajah baru Kampung Cina Bengkulu, diharapkan minat wisata meningkat, khususnya dari kalangan anak muda. Hal ini sejalan dengan ada beberapa spot yang menarik untuk dijadikan spot foto, yang pastinya akan menyebar di media sosial sehingga akan semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sana. Apalagi masih ada beberapa bangunan bersejarah yang mempertahankan bentuknya. Namun kondisi Kampung Cina ini memang belum semeriah Wisata Pecinan Bandung yang kini sangat menarik untuk para wisatawan.

Kegiatan di Kampung Cina Bengkulu

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke sini, berikut beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat yang satu ini.

Wisata sejarah

Salah satu kegiatan yang menarik dan bisa dilakukan saat berkunjung ke Wisata Kampung Cina Bengkulu adalah melakukan kegiatan wisata sejarah. Tempat ini bukan hanya menjadi tempat nongkrong yang menarik dan unik di kalangan anak muda. Namun juga bisa menjadi sebuah media edukasi sejarah bagi para wisatawan. Yaitu dimana pengunjung bisa melihat secara langsung bangunan-bangunan kuno yang ada di sana.

Citytour

Berkunjung ke Kampung Cina layaknya citytour. Anda bisa berjalan kaki dan melihat-lihat suasana sekitar. Di malam hari juga ada banyak hal yang menarik untuk dilihat di sana. Apalagi ketika perayaan Imlek tiba. Akan ada banyak hiburan dan kuliner yang dijajahkan di sana.

Fotografi

Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di sana adalah fotografi. Anda yang hobi foto bisa mengambil foto di beberapa spot yang menarik. Selain itu, bangunan tua yang ada di sana juga menarik sebagai salah satu objek foto. Ketika malam, Anda juga bisa mencoba berburu foto dan mengasah kemampuan fotografi dengan objek berupa bangunan.

Tips Wisata

Jika Anda ingin melakukan kunjungan ke Wisata Kampung Cina Bengkulu, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan wisata lebih berjalan dengan lancar.

  • Sebaiknya ajak teman atau keluarga agar kegiatan menjadi lebih menarik di Kampung Cina ini.
  • Kawasan Kampung Cina ini memang memiliki fasilitas berupa trotoar yang nyaman dan kursi-kursi baru yang ada di sepanjang trotoar yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat.
  • Namun sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman saat berkunjung ke sana.
  • Kabarnya, suasana malam hari akan lebih menarik karena lebih banyak anak muda yang nongkrong di sana.
  • Lebih disarankan datang ketika ada perayaan di kawasan ini agar dapat mendapatkan suasana yang lebih meriah.
  • Namun jika datang di hari biasa, juga masih ada kegiatan lain yang bisa dilakukan. Misalnya fotografi dengan objek atau latar belakang berupa bangunan-bangunan kuno.
  • Kampung Cina Bengkulu ini dekat juga dengan salah satu situs sejarah lainnya, yaitu Benteng Marlborough. Anda yang ingin mengeksplor Kampung Cina, bisa sekaligus mengunjungi benteng ini.
  • Demikianlah beberapa penjelasan mengenai kawasan bersejarah Wisata Kampung Cina Bengkulu yang menarik untuk dieksplorasi ketika berkunjung ke sana. Kenali sejarah kawasan tersebut dan dapatkan kesan wisata yang berbeda dengan berkunjung ke sana. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Related posts