Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Sumatera Utara

Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Sumatera Utara

Tempatwisatadisumatera.web.id – Indonesia punya banyak tempat wisata alam yang sangat indah mulai dari Sabang sampai Merauke, keindahannya juga terdengar sampai ke luar negeri sehingga mendatangkan banyak wisatawan untuk berlibur. Salah satu provinsi yang memiliki keindahan alam yang luar biasa adalah Sumatera Utara, di mana terdapat beberapa wisata alamnya yang mendunia. Kamu bisa mengatur jadwal perjalananmu ke Sumatera Utara untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai wisata alam di Sumatera Utara yang harus anda kunjungi :

1. Pemandian air soda
Kalau berendam di air biasa uda sering dong? Tapi kalau mandi di air soda pasti belum pernah! Yap, pemandian air soda seperti ini hanya ada dua di dunia, ada pemandian air soda di Venezuela dan salah satunya ada di Indonesia. Tepatnya di daerah di Desa Parbubu I, Tarutung, Tapanuli Utara. Kalau dari Medan ke Tarutung bisa memakan waktu sekitar 9 jam atau bisa menggunakan kereta api dari Medan ke Siantar yang dilanjutkan dengan naik angkutan umum.

Keunikan yang membedakan dari air soda ini adalah warna airnya yang nyaris merah, sehingga dalam bahasa Batak Toba dinamakan Aek Rara (air merah). Keunikan lainnya pada saat berendam air tidak akan lengket ke tubuh seperti minuman soda dan ketika diecap rasa airnya asin. Nah, manfaat berendam di air ini bisa buat kulit lebih halus dan tubuh terasa ringan ditambah pemandangan sawah yang terhampar di sekitar kolam yang bikin kamu jadi ngerasa tenang. Buat kamu yang lapar dan haus gak usah takut karena ada warung di depan kolam pemandian.

2. Pantai Sorake
Berbicara tentang pantai, dua pantai di Pulau Nias ini gak kalah dengan pantai di luar negeri karena memang mempunyai keindahan alam dan juga tantangan bagi para traveller, khususnya para peselancar. Salah satu pantai yang akan kita bahas adalah Pantai Sorake, pantai ini berada di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Pantai yang diidolakan karena ombaknya yang bisa mencapai ketinggian 7-10 meter dan sangat menantang. Selain itu, yang membuat pantai ini terkenal hingga ke mancanegara karena pada tahun 90-an pantai ini juga pernah menjadi tempat iklan salah minuman terbsesar di dunia yaitu coca-cola. Hal ini membuat banyak turis dan pencari ombak datang ke pantai ini untuk merasakan sensasinya.

3. Pantai Lagundri
Selanjutnya ada Pantai Lagundri yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Sorake di Pulau Nias. Pantai ini juga menjadi incaran para peselancar karena ombaknya yang bertaraf internasional dibalut dengan teriknya matahari membuat suasana seperti sedang berada di Hawai. Di pantai ini sering diadakan event nasional maupun internasional setiap tahunnya, dan yang paling sering adalah Nias Open yang biasa diselenggarakan pada bulan juni atau juli karena ombaknya sangat bagus pada bulan tersebut dengan para peserta yang sering didominasi oleh peselancar asal Australia.

Ada dua akses masuk ke Pulau Nias. Pertama, bisa melalui pelabuhan Gunung Sitoli. Kedua, dengan naik pesawat dan turun di Bandar Udara Binaka, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan transportasi umum dengan waktu tempuh 3-4 jam ke pantai tersebut.

Baca Juga : Destinasi Wisata Favorit di Sumatera Selatan

4. Danau Toba
Danau ini merupakan kawah dari Gunung Toba, gunung yang pernah mengamuk antara 69-77 ribu tahun yang lalu. Letusan yang dahsyat berdampak pada kehidupan di bumi karena mengakibatkan musim dingin vulkanik selama 6 tahun.

Di balik sejarahnya, ada banyak spot yang bisa dikunjungi di sekitaran danau ini dengan menggunakan kapal. Mulai dari Batu Gantung karena ceritanya yang unik, Pulau Samosir yang terletak di tengah danau, hingga camping di paropo sekitar tepian danau. Kamu juga bisa sekedar mandii di tepian danau bersama keluarga. Akses menuju Danau Toba bisa melalui Bandar Udara Silangit atau menggunakan angkutan darat dari Medan waktu tempuh sekitar 7 jam.

5. Pulau Mursala
Pada 2005, pulau ini menjadi terkenal di belahan dunia terkhususnya dunia perfiliman. Sebab, Pulau Mursala menjadi lokasi film King Kong. Keindahan alam dilengkapi dengan air terjun yang langsung mengalir ke lautan menjadi pemandangan yang luar biasa.

Selain itu pulau ini juga menarik karena memiliki terumbu karang yang cantik sehingga sangat direkomendasikan bagi para pecinta snorkeling atau diving. Di sekitar pulau, kita juga bisa melihat lumba-lumba yang berenang dengan lucunya atau melihat batu garuda karena bentuknya seperti burung dengan ketinggian lebih kurang 70 meter. Transportasi yang digunakan ada kapal, ataupun speedboat yang dapat disewa.

Kalau mau ke sini melalui jalur udara kamu bisa mendarat di bandara FL Tobing Pinangsori di Tapanuli Tengah. Buat kamu yang ingin menikmati perjalanan, bisa melalui jalur darat dari Medan ke Sibolga dengan waktu tempuh 9 jam.