Wisata Alam Gunung Leuser

Wisata Alam Gunung Leuser

tempatwisatadisumatera.web.id – Suka berwisata ke alam atau gunung, atau anda sudah pernah tempat yang satu ini? kali ini kita akan membahas wisata alam di gunung leuser.

TNGL adalah kepanjangan dari Taman Nasional Gunung Leuser yang oleh pemerintah Indonesia telah ditetapkan pada tahun 1980 sebagai wisata cagar alam. wisata ini juga merupakan salah satu dari paru – paru dunia dan sejak tahun 2004 sudah terdaftar di UNESCO sebagai salah satu tempat yang dijadikan situs warisan dunia ( Cagar Biosfir). Taman Nasional Gunung Leuser terletak di ketinggian 3404 m dpl, dengan suhu udara berkisar 21° – 28° C dengan luas lahan sekitar 1.094.692 hektar.

Apabila Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan dapat menyaksikan berbagai macam keindahan alam mulai dari pantai, gunung, sungai, danau dan juga ada sumber air panas. disamping itu Anda juga bisa menyaksikan kehidupan baebagai macam satwa dan fauna yang kesemuanya adalah tergolong satwa dan fauna langkah dan dilindung. Beberapa contoh satwa langkah yang bisa anda temui disini seperti kucing hutan, orang hutan, harimau Sumatera, siamang, ular, rangkong, kupu-kupu, burung, badak Sumatera, gajah Sumatera, rusa sambar dan kambing hutan. sedangkan untuk fauna seperti bunga raflesia, bunga raksasa “Rhizanthes zippelnii” dan payung raksasa. tidak hanya itu Taman Nasional ini juga menyimpan kekayaan buah – buahan tropis seperti durian, rambutan, mangga, jeruk, alpukat, jambu biji dan juga pepaya. menarik bukan ?

Baca juga : Wisata Danau Lau Kawar

Banyak sekali pelajaran tentang alam yang bisa Anda peroleh di Gunung Leuser, karena disini nanti Anda akan benyak menemukan berbagai macam satwa dan fauna, Anda juga akan menemukan jenis monyet dengan rambut bergaya Mohawk yang bisa Anda beri makan langsung.

Tidak hanya itu di Gunung Leuser juga terdapat Gua Kelelawar, bentangan kebun karet, keindahan sawah yang semuanya dapat Anda kunjungi. Kemudian apabila Anda mengunjungi Desa Ketambe, Anda akan dapat merasakan sensasi meluncur dengan menggunakan ban di sungai Alas. Banyak sekali disekitar desa yang menyewakan Ban, jadi Anda tidak perlu kawatir tidak kebagian.

Kegiatan yang paling menantang di Gunung Leuser adalah pendakian ke Puncak Leuser, biasanya para pendaki akan memulainya di Desa Angasan yang merupakan titik awal pendakian ke Puncak Gunung Leuser. Waktu untuk menempuh pendakian biasanya antara 10 -14 hari perjalanan, jadi persiapan harus matang sebelum pendakian.

Related posts