Wisata Air Terjun Sibolangit

Wisata Air Terjun Sibolangit

tempatwisatadisumatera.web.id – Air terjun sibolangit berada di pinggiran medan yang hampir mencapai gunung berastagi, untuk wisata alam ini, kita bisa melihat keindahan air terjun yang natural.

Air terjun dua warna yang berlokasi di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini, menarik minat banyak wisatawan. Tertarik setelah mendengar namanya, dua warna. Apakah memang terdapat dua warna? Hal ini memiliki penjelasan ilmiah sendiri. Sama dengan tempat wisata alam lainnya yang ada di Indonesia, pastinya dibalik kelogisan terbentuknya air terjun 2 warna ini, memiliki kisah legenda, sejarah serta mitos yang meliputinya. Cerita-cerita ini juga yang mempengaruhi minat wisatawan untuk datang ke sini.

Awal mulanya adalah dari letusan Gunung Sibayak yang terjadi ratusan tahun lalu. Sumber mata air yang mengalir ke lokasi ini juga berasal dari Gunung Sibayak tersebut. Warna air berbeda yang ada di sini, yaitu, biru muda dengan air dingin yang menyegarkan berada di atas, sedangkan yang di bagian bawahnya berwarna putih keabuan dengan air yang hangat.

Baca juga : Wisata Seru Air Terjuns Si Gura Gura

Adapun perbedaan yang terjadi diakibatkan kandungan fosfor dan belerang dalam air. Bila, beberapa tempat air terjun memperbolehkan pengunjung untuk minum langsung dari lokasi, untuk di daerah Sibolangit ini, dilarang untuk meminum airnya. Keadaan lokasi air terjun ini mungkin hampir sama dengan lokasi lainnya di beberapa wilayah. Memiliki tinggi sekitar seratus meter dan berada pada ketinggian sekitar 1270 meter di atas permukaan laut, selain itu ada persamaan yang dimiliki dengan lokasi air terjun lainnya, yaitu sama-sama berada di dalam hutan, jadi pengunjung yang ingin menikmati indahnya air terjun dapat berjalan menyusuri hutan dengan didampingi pemandu, supaya tidak salah arah.

Untuk fasilitas di sini, tentu tidak ada, karena memang dikhususkan untuk wisata alam, sehingga tidak ada akomodasi apapun di kawasan air terjun Sibolangit. Bahkan tidak ada pedagang yang berjualan di sini, jadi sebaiknya para pengunjung membawa makanan dan minuman sendiri, sebagai bekal selama perjalanan menyusuri hutan dan saat beristirahat setelah tiba di tujuan. Di lokasi juga tidak ada gazebo atau semacamnya untuk beristirahat, benar-benar alami. Untuk Anda yang masih ingin menikmati objek wisata secara maksimal, dapat berkemah di sekitarnya. Menjaga kebersihan serta keasrian alam sekitar juga harus dilakukan, jangan sampai merusak atau
mengotori objek wisata alam yang masih asli ini

Perjalanan selama di dalam hutan yang penuh tantangan dan indahnya air terjun dua warna Sibolangit pastinya akan menjadi pengalaman liburan yang sangat berkesan dan tidak akan terlupakan. Namun, tampaknya hal itu akan hilang dari rangkaian tujuan wisata alam di Sumatera Utara. Alasannya adalah bencana banjir dan longsor yang terjadi, dan memberikan dampak sangat berat juga terhadap objek wisata alam yang juga lokasi pemandian alam ini. Bencana tersebut terjadi pada Mei 2016 dan menyebabkan korban sebanyak 19 orang meninggal dunia. Korban terseret arus deras hingga sejauh 10 kilometer saat banjir bandang terjadi, dimana banjir bandang tersebut telah menghancurkan kawasan wisata yang menjadi favorit di daerah Sibolangit.

Related posts