Vihara Dewi Kwan Im Di Belitung

Vihara Dewi Kwan Im Di Belitung

Vihara Dewi Kwan Im , Bangka Belitung  – Kepulauan Bangka Belitung selain mempunyai wisata pantai yang cantik dan alam yang eksotis, juga memiliki wisata religi bersejarah tinggi. Salah satunya adalah Vihara Dewi Kwan Im. Berikut akan kita kulik tentang Vihara yang merupakan tempat ibadah kaum budha tertua di Pulau Belitung ini.

Vihara Terbesar di Belitung

Vihara Dewi Kwan Im atau Vihara Buddhayana Dewi Kwan Im merupakan situs yang sudah kuno. Vihara ini kini telah menginjak usia lebih dari satu abad. Vihara Dewi Kwan Im pertama kali ditemukan pada tahun 1747. Menurut cerita, konon dahulu Dewi Kwan Im melakukan sembahyang di atas sebuah batu yang berada di satu tempat sembahyang terbesar di vihara ini. Tempat sembahyang tersebut dinamakan Kon Im. Agar bisa sampai ke vihara ini, kita harus menaiki anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak, yaitu mencapai 86 buah. Terdapat 3 tempat sembahyang di Vihara Dewi Kwan Im. Yang pertama bernama Shimunyo yang terletak dekat dengan anak tangga. Apabila naik lebih ke atas akan dijumpai satu lagi tempat sembahyang bernama Sitiyamuni. Di atasnya lagi, kembali akan terlihat satu tempat sembahyang paling besar di vihara ini bernama Kon Im.

Vihara ini akan selalu dipenuhi pengunjung yang ingin melakukan ibadah pada hari besar seperti imlek dan waisak. Pengunjung yang datang tak hanya wisatawan dalam negeri saja, melainkan turis asing pun banyak yang datang ke tempat ini. Vihara Dewi Kwan Im berlokasi di Desa Burung Mandi. Sebagian orang percaya bahwa apabila kita berdoa di vihara tersebut maka segala keinginan akan terkabul dan menjadi kenyataan. Selain dimanfaatkan sebagai tempat untuk beribadah, vihara ini pun sering dikunjungi orang sebagai satu destinasi wisata religi. Daya tariknya selain vihara ini merupakan situs kuno juga karena keindahan alam sekelilingnya sangat cantik. Latar belakang vihara adalah Gunung Burung Mandi. Dan apabila tengah beruntung, kita dapat melihat para monyet yang turun dari perbukitan dan mencari makan ke arah vihara. Alamat lengkap vihara : Desa Burung Mandi, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari Tanjungpandan, dan 30 menit dari Kota Manggar.

Bagian Vihara Dewi Kwan Im

Tempat ibadah di Vihara Dewi Kwan Im

  • Bangunan yang pertama biasa digunakan untuk berdoa pada Dewi Kwan Im;
  • Bangunan kedua biasa digunakan untuk berdoa pada Budha;
  • Bangunan ketiga biasa digunakan untuk berdoa pada toapekong atau Dewa Laut.

Kolam Tujuh Bidadari

Di kolam ini pengunjung yang datang dapat melemparkan koin, seraya mengucap doa dan permohonan. Sebagian orang mempercayai bahwa dengan melakukan hal itu apa saja permohonan atau doa mereka akan dikabulkan.

Vihara ini merupakan yang paling tua di kepulauan Bangka Belitung. Vihara ini cukup banyak menyedot kunjungan wisatawan dikarenakan cerita unik dan ajaib yang mengiringi pembangunan vihara ini. Apa itu? Konon sebelum vihara dibangun, ada patung Budha Bodhisttwa yang muncul pada permukaan laut. Sejak kejadian tersebutlah, vihara ini dibangun. Beda Vihara Dewi Kwan Im dan vihara Gunung Timur yang ada di kawasan Sumatera Utara adalah luas wilayahnya. Vihara Sumatera Utara memiliki kawasan yang jauh lebih luas dibanding Vihara Dewi Kwan Im.

Keunikan Vihara Dewi Kwan Im

  • Bangunan yang kaya akan nilai sejarah atau historis, karena usia yang sudah mencapai 2 abad lebih;
  • Lokasinya di atas bukit jadi hawanya sejuk;
  • Pemandangan indah dan menarik, contohnya Pantai Burung Mandi yang bisa dilihat dari sini;
  • Pengunjung diperbolehkan mengambil foto mengenakan pakaian cina kuno yang telah tersedia di kuil;
  • Namanya tak hanya terkenal di dalam negeri melainkan di kalangan wisatawan mancanegara.

Related posts