Rahmat International Wildlife Museum dan Gallery

Rahmat International Wildlife Museum dan Gallery

Tempatwisatadisumatera.web.id – Rahmat International Wildlife Museum & Gallery di Jl. S. Parman 309, Kota Medan, Sumatera Utara. Museum dan galeri ini menyimpan beragam koleksi mengagumkan terdiri dari berbagai binatang liar diawetkan yang berasal dari tempat berburu di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia.

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery diresmikan pada tanggal 14 mei 1999 oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Juwono Sudarsono. Setelah dilakukan pengembangan yang selesai pada Oktober 2007, luas museum mencapai 2970 m2.

Sebagian besar binatang awetan yang disimpan di dalam museum unik ini dikumpulkan oleh pemiliknya dari kegiatan berburu resminya, dengan memakai konsep standar dunia yang disebut sebagai conservation by utilization. Standar itu ditetapkan sebagai upaya untuk pencegahan terhadap kepunahan dan untuk peningkatan populasi satwa liar di habitat mereka yang asli.

Di Rahmat Gallery ini pengunjung bisa melihat koleksi lebih dari 2.000-an satwa dari berbagai belahan dunia. Museum ini merupakan pertama di Asia Tenggara, dan terbilang lengkap.

Pemiliknya adalah Dr. H. Rahmat Shah, seorang pengusaha dan pemburu profesional, orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan dan pengakuan internasional seperti The Big Five Grand Slam Awards dan World Hunting Awards.

Saat memasuki museum ini, pertama yang bisa kita lihat adalah koleksi berbagai macam burung yang diletakan dalam sebuah kelompok yang disebut Pheasants of the world.

Koleksi dalam museum ditampilkan berdasarkan tema khusus sesuai dengan jenis binatang dan habitatnya.

1. African Big Five

Tema ini menampilkan lima mamalia terbesar. Di antaranya adalah gajah, badak putih, singa, banteng, dan macan tutul.

2. Cats of the World

Berbagai jenis binatang kucing, baik yang berukuran kecil maupun yang besar, seperti Macan, Macan Tutul, Cheetah, Singa dan sejenisnya.

3. Birds Kingdom

Tema ini menampilkan berbagai jenis burung.

Baca Juga : Mengenal Kampung Madras Medan

4. Bear Room

Yang ditampilkan dari tema ini adalah berbagai jenis beruang, baik yang ada di daerah tropis maupun Antartika.

5. Mountain of Goats Night Safari

Tampilan yang disuguhkan dalam tema ini adalah berupa kehidupan berbagai jenis kambing di malam hari.

6. Indonesian Species

Tema ini menampilkan berbagai jenis hewan yang ada di Indonesia

7. African Room

Tema ini menampilkan nuansa yang ada seperti di Afrika

Fasilitas

Perpustakaan

Perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku mengenai berbagai jenis satwa dan habitatnya dari berbagai negara. Pengunjung dapat membaca buku tersebut agar dapat menambah pengetahuan serta menyadarkan kita betapa pentingnya mencegah kepunahan satwa liar dan kekayaan alam yang tak ternilai, anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa untuk bangsa Indonesia.

Souvenir Shop

Pada Museum & Galeri ini juga ada Gift Shop, yang menyediakan berbagai souvenir yang dapat dijadikan cenderamata bagi pengunjung dengan harga variatif & terjangkau. Souvenir yang ada menampilkan ciri khas dari Museum & Galeri ini yang memiliki keindahan dan keunikan sehingga dapat menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Café

Setelah menyaksikan keunikan berbagai jenis koleksi satwa liar, pengunjung dapat bersantai di Hunter’s Café, disini kami menyajikan Audio Visual tentang kekayaan alam hingga kehancuran hutan dan pembantaian satwa langka yang sangat memprihatinkan serta perburuan konservasi dengan pemanfaatan yang telah diterapkan di berbagai negara.

Legend International Hall

Di lantai 3 tersedia ruangan serbaguna yang lengkap, dapat digunakan untuk Ruang Pertemuan, Pesta Ulangtahun dan keperluan lainnya. Dapat menampung ±500 orang.

Di ruangan ini juga terdapat koleksi barang pribadi para legendaris dan maestro dunia yang ditandatangani, diantaranya sepatu bola Pele & Beckham, bola dan kaos yang ditandatangani seluruh pemain Manchester United dan pemain Brazil Squad 2006, sarung tinju Muhammad Ali dan Mike Tyson, baju kaos Zidane, Ronaldo dan Jack Nickhlaus, serta bintang film terkenal seperti Sean Connery, Pierce Brosnan, Al Pacino, Robert De Niro, Sylvester Stallone, Jean Claude Van Damme, Arnold Schwarzeneger, Sofia Loren & Marlon Brando, penyanyi terkenal Michael Jackson, Rolling Stone, Tom Jones, Elvis Presley & Sting, juga pengusaha terkenal Donald Trump & pembalap terkenal Michael Scumacher. Dan masih banyak koleksi tokoh dunia lainnya.

Related posts