Pulau Lengkuas Nan Indah Di Bangka Belitung

Pulau Lengkuas Nan Indah Di Bangka Belitung

Pulau Lengkuas, Bangka Belitung – Indonesia Timur memang pantas dijadikan tujuan wisata yang menarik. Ada banyak keunikan dari Indonesia bagian Timur yang memiliki keindahan alam yang natural dan relatif belum banyak terjamah manusia. Termasuk Belitung. Di Belitung, ada sebuah pulau yang namanya sudah sangat terkenal dan layak dikunjungi saat berwisata ke sana.

Pulau Lengkuas, merupakan sebuah pulau di Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki daya tarik tersendiri untuk berwisata. Pulau yang memiliki mercusuar dan juga panorama alam yang indah ini layak dikunjungi saat berlibur. Sudah ada banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berlibur di sana. Pulau ini juga bisa menjadi ikon wisata Bangka Belitung yang cukup digemari. Jika kamu ingin berlibur di pulau ini, beberapa informasi berikut ini mungkin akan membantu perjalananmu.

Keistimewaan Pulau Lengkuas

Pulau ini merupakan satu dari puluhan ribu pulau kecil di Indonesia yang tentu saja memiliki keindahan panorama indah. Di sana ada sebuah mercusuar tua yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan dibangun pada tahun 1882 yang lalu. Mercusuar tersebut masih berfungsi hingga saat ini dan masih dipergunakan sebagai tanda akan kapal dan perahu yang akan keluar atau tiba di Belitung.

Lokasi pulau ini adalah di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Di sana ada banyak batu granit unik dan juga air laut jernih. Pasir pantai yang putih juga menjadi daya tarik tersendiri dari pulau tersebut. Pulau ini kecil dan bisa dikelilingi dengan perahu hanya dalam waktu 20 menit saja. Ada banyak perahu yang bisa disewa untuk menuju ke sana, yaitu perahu dari Tanjung Binga dan juga Tanjung Kelayang.

Di pulau ini, wisatawan bebas bermain air, pasir, dan juga menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling dan juga diving. Di sekitar pulau ada banyak spot menyelam yang baik untuk melihat keindahan bawah laut. Karang-karang dan ikan-ikan indah akan menemani kegiatan snorkeling dan diving para wisatawan.

Konon, pulau ini pada awalnya hanya dihuni oleh beberapa warga saja. Warga yang menghuni kawasan ini pun hanya sebatas warga yang bertugas untuk menjaga mercusuar. Namun, setelah kepopuleran film Laskar Pelangi yang menjadikan Bangka Belitung sebagai setting utamanya, pulau ini menjadi lebih terkenal dan saat ini sering dijadikan jujukan wisatawan saat berkunjung ke Belitung.

Mercusuar

Mercusuar di pulau ini memiliki ketinggian lebih dari 50 meter dengan warna putih yang bersih dan megah khas bangunan kolonial Belanda. Jika wisatawan ingin melihat pemandangan di sekitar pulau ini, wisatawan juga bisa naik ke mercusuar.

Mercusuar ini memiliki 18 lantai dan bisa dikunjungi oleh wisatawan lokal dan internasional. Selain itu, wisatawan juga bisa sedikit mempelajari sejarah kawasan tersebut.

Namun untuk naik ke puncak mercusuar, diperlukan tenaga ekstra karena di sana hanya ada anak tangga. Tapi semua kelelahan akan terbayar dengan impas setelah berhasil menikmati panorama indah dari atas puncak mercusuar dari segala arah.

Fasilitas Wisata

Pulau yang indah dengan pasir putih dan alam bawah laut yang menakjubkan ini sudah menjadi objek wisata yang baik dengan pengelolaan yang baik juga. Fasilitas-fasilitas di pulau ini bisa mewadahi kegiatan wisata baik wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Ada hotel di pulau ini yang bisa dijadikan tempat menginap. Ada juga penginapan yang bisa dijadikan alternatif bermalam di sana. Varian harganya pun bervariasi, tergantung kebutuhan wisatawan.

Selain itu ada fasilitas umum berupa toilet dan kamar mandi yang bersih dan nyaman. Ada pula kolam bidadari, yang merupakan kolam alami dan terbentuk dari batuan granit khas Belitung. Kolam tersebut terisi air laut dari pantai. Selain kolam bidadari, ada juga spot memancing terbaik di Belitung. Wisatawan yang suka memancing boleh memancing di sana dengan menyewa kapal milik pengelola wisata pulau. Pemancing biasanya mendapatkan ikan jenis mayong dan ikan kakap merah yang rasanya sungguh enak.

Tips Berlibur

Pulau ini adalah pulau kecil yang tentu saja memiliki risiko alamiah jika berkaitan dengan cuaca dan pergantian iklim. Jika ingin berlibur di pulau ini, sebaiknya berkunjung pada bulan-bulan maret hingga desember. Pada bulan tersebut, musim kemarau telah tiba dan cuaca di kepulauan Belitung akan lebih stabil. Selain itu, pemandangan alam dan langit saat kemarau juga lebih mengagumkan.

Related posts