Museum Kota Tebing Tinggi

Museum Kota Tebing Tinggi

Tempatwisatadisumatera.web.id – Museum Kota Tebing Tinggi adalah tempat yang sering digunakan siswa dan siswa untuk mencari tahu dan mendapatkan informasi tentang peninggalan kerajaan yang pernah ada di Tebing Tinggi.

Museum Kota Tebing Tinggi menjadi tempat penyimpanan benda-benda bersejarah dari berbagai suku yang ada di Tebing Tinggi seperti suku batak, suku batak simalungun, suku jawa dan suku nias. Yang membuat menarik dan penasaran ialah, di dalam Museum Kota Tebing Tinggi terdapat pula benda bersejarah dari kerajan Padang, seperti uang koin lama, tongkat, gerabah dan keris. Serta ada pula telepon peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih bisa digunakan.

Untuk lokasinya Museum Kota Tebing Tinggi terletak di jalan Kotamadya, Kota Tebing Tinggi, Propinsi Sumatera Utara. Letaknya ada di kota sehingga mudah di jangkau. Namun sayang belum ada fasilitas yang bisa digunakan pengunjung untuk lebih bisa menikmati tempat ini. Semoga kedepannya pemkot memberikan beberapa fasilitas yang bisa di gunakan/dinikmati pengujung, sehingga pengunjung bisa lebih antusian mengunjungi Museum Kota ini. Museum Kota Tebing Tinggi terletak di jalan Kotamadya, Kota Tebing Tinggi, Propinsi Sumatera Utara.

Baca juga : Tempat Wisata DI Asahan

Koleksi
Terdapat koleksi benda-benda sejarah dari berbagai suku multi etnis yang ada di Tebingtinggi seperti suku nias, suku batak simalungun, batak toba dan suku jawa, ada juga peningalan benda-benda bersejarah milik kerajaan Padang seperti keris, uang koin lama, tongkat, gerabah dan foto-foto peninggalan kerajaan Padang serta telepon lama zaman penjahahan Belanda yang masih bisa dipergunakan.

Selain itu terdapat, tombak pedang baik zaman Belanda maupun Jepang, senjata laras, pistol, pedang China, keris, mandau, guci-guci jaman VOC, radio lama, timbangan, mata uang, bahan kerajinan tangan di zaman Belanda dan aneka ragam lainnya.

Ada koleksi dokumentasi foto-foto perjuangan di Kota Tebingtinggi serta foto bangunan dengan situs sejarahnya lengkap tertera di sana. Misalnya kunjungan Presiden dan wakil Presiden RI pertama ke Tebingtinggi, Gedung juang 45 dan banyak lainnya.

Museum Kota Tebing Tinggi merupakan informasi buat generasi muda pelajar dan mahasiswa untuk datang berkunjung ke Museum Tebingtinggi. Termasuk untuk pelestarian dalam rangka mencari, menggali khasanah peninggalan bersejarah di Kota Tebingtinggi untuk bekal generasi muda di daerah itu.

Related posts