Kebun Binatang Kota Medan

Kebun Binatang Kota Medan

Tempatwisatadisumatera.web.id – Wisata di Medan: melihat kehidupan dan penampakan berbagai jenis hewan sangat menyenangkan. Mulai dari hewan yang berbahaya, jinak, unik, asyik dan sebagainya. Tentu saja, sejak kecil kami telah diajari untuk berteman dengan makhluk hidup lainnya. Kita juga harus mengajari kita untuk memelihara dan melestarikan keberadaan mereka agar tidak punah, sehingga anak-anak dan cucu-cucu kita dapat melihatnya nanti.

Kita dapat melihat secara langsung dari wujud satwa satwa ini dapat mengunjungi taman hewan yang berada di kota kota kita. Terutama bagi pecinta hewan, akan sangat menyenangkan bisa bercengkrama dengan satwa satwa yang dipelihara disana. Di Medan sendiri, terdapat kebun binatang yang cukup bagus. Nama dari Kebun binatang ini adalah Kebun Binatang Simalingkar. Pasalnya, kebun binatang ini tak hanya rumah bagi berbagai macam satwa, tapi bisa juga menjadi tempat wisata keluarga yang ingin mengajak anak anak mereka mengenal lebih dekat soal satwa satwa yang ada di dunia ini.

Kebun Binatang Simalingkar berada di Jalan Bunga Rampe IV, Kelurahan SImalingkar B, Medan Tuntungan, sekitar 10 kilo meter dari pusat kota ke arah Berastagi. Kebun Binatang Simalingkar ini diresmikan pada 14 April 2005 oleh wali kota Medan saat itu yaitu Abdillah. Sebelumnya Kebun Binatang Medan berada di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Kampung Baru, Medan Maimun. Kandang dan pernak perniknya juga masih memakai dari kebun binatang yang lama. Pihak pengelola dari Kebun Binatang Simalingkar ini sepenuhnya dipegang oleh Pemerintah Kota Medan karena pihak pemkolah yang membangun Kebun Binatang Siamlingkar ini. Alasan pemindahan kebun binatang ini sendiri karena memerlukan area yang lebih luas. Area yang luas di perlukan karena bertambahnya koleksi satwa yang ada di kebun binatang ini. Selain itu, pemko juga ingin membangun wahana wisata lainnya, seperti taman bermain anak, outbound, flying fox serta wisata alam lainnya.

Untuk tempat wisata sejenis kebun binatang, pengunjung kebun binatang Simalingkar terbilang cukup ramai. Pada hari biasa, sekitar 150 pengunjung mendatangi tempat ini. Namun saat akhir pekan atau hari libur, jumlah pengujung dapat membludak sehingga setiap minggunya pengunjung mencapai 1000 orang. Mengunjungin tempat ini tak perlu takut bikin kantong kering, karena tiket dan parkirnya cukup murah. Untuk parkir kendaraan roda 4 atau lebih, pengunjung dikenakan biaya 4000 rupiah saja. Letak parkir kendaraan roda 4 berada di selatan. Untuk kendaraan roda 2, pengujung dikenakan biaya 2000 rupiah saja. Letak parkir kendaraan roda 2 berada di sebelah utara. Kedua lokasi ini letaknya persis di depan pintu masuk kebun binatang sehingga mudah untuk dijangkau pengunjung.

Baca juga : Taman Buaya Kota Medan

Untuk harga tiket sendiri terbagi menjadi dua bagian. Pada hari biasa harga tiketnya 12 ribu rupiah saja perorang, sedangkan pada hari libur harga tiketnya 15 ribu rupiah saja perorang. Harga tersebut sudah termasuk asuransi dari pihak pengelola kebun binatang Simalingkar. Bagi anak anak berusia 1 hingga 3 tahun, biaya tiket gratis.

Kebun binatang ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Namun, pada saat weekend atau hari libur tutup pukul 17.30.

Untuk koleksi satwa yang ada di Kebun Binatang Simalingkar sendiri terdiri dari 26 jenis burung sebanyak 167 ekor, 6 jenis reptile sebanyak 37 ekor, 16 jenis mamalia sebanyak 70 ekor. Total dari satwa yang menempati tempat ini adalah 274 ekor hewan dan akan terus bertambah karena pengelolaannya yang semakin banyak. Kebun binatang ini juga berpotensi menjadi museum hewan. Selain itu, pihak pengelola bekerja sama dengan kebun binatang Siantar dan lainnya untuk saling bertukar hewan untuk menghindari perkawinan sedarah.

Saat pertama kali memasukin Kebun Binatang Simalingkar, kita akan menemukan denah atau peta dari Kebun binatang ini, sehingga pengujung bisa memilih objek objek mana saja yang ingin dikunjungin. Pengunjung dapat berkeliling ke seluruh bagian taman dengan menaikin mobil terbuka yang disediakan oleh pengelola. Selain dengan mobil terbuka, pengunjung dapat menaikin delman untuk mendapatkan sensasi berbeda dan pemandangan yang lebih jelas lagi.

Pada bagian utara taman, didominasi oleh wisata taman bermain anak dengan fasilitas yang lengkap, seperti perosotan, jungkat jungkit, ayunan, wahana mandi bola dan komidi putar seperti kuda terbang, kapal terbang, sampan pusing, dan sebagainya.

Disebelah barat dan selatan, di dominasi oleh banyak satwa, namun yang paling dekat adalah wilayah barat. Selain itu, di wilayah barat ini pengunjung dapat mencoba sensasi naik kuda yang dibimbing oleh seorang pawang untuk berkeliling taman. Biasanya kuda yang disewatak berada di pinggir jalan dan menunggu pengunjung lewat.

Di Taman hewan Simalingkar juga terdapat sebuah klinik untuk merawat hewan hewan yang sedang sakit maupun yang sedang stress. Menurut Dokter Sucitrawan dalam menangani hewan jinak lebih mudah kerena biasanya hanya sakit biasa dan hanya stress. Namun, beda halnya jika hewan buas karena merawatnya lebih tenang dan harus di suntik bius terlebih dahulu. Semoga saja dengan adanya kebun binatang ini dapat membantu melestarikan dan merawat hewan hewan tersebut agar senantiasa bisa hidup untuk dilihat oleh anak cucu kita kelak.

Related posts