Destinasi Wisata Yang Wajib Didatangi Di Sumatera

Destinasi Wisata Yang Wajib Didatangi Di Sumatera Bagian Ke 2

Tempatwisatadisumatera.web.id – Pergi berlibur ke luar kota atau luar pulau biasanya lebih enak naik pesawat atau kereta api. Tujuannya menghemat waktu dan tenaga. Tapi, sebagian orang lebih memillih naik mobil. Selain lebih fleksibel, naik mobil saat traveling antarkota atau antarpulau bisa memberikan pengalaman yang tak biasa.

Selain Jawa, Sumatera menjadi tempat paling seru untuk dijelajahi dengan menggunakan mobil pribadi. Jika kamu berasal dari Jawa, maka perjalananmu akan dimulai dengan menyeberangi Selat Sunda dan berlabuh di Pelabuhan Bakaheuni, Lampung, Sumatera Selatan.

Ada tiga jalur lintas Sumatera yang harus dipilih. Kamu bisa melewati jalur lintas barat jika ingin menikmati pemandangan pantai sepanjang perjalanan. Jika ingin menikmati jalan berkelok di pegunungan tinggi, wisata air terjun, dan danau besar bisa melewati jalur lintas tengah dan timur. Semua sesuai selera.

Siapkan perbekalan, kesehatan fisik, obat-obatan, perlengkapan wisata, GPS atau peta jalur lintas Sumatera. Dan yang paling penting, cek kondisi kendaraan. Pesanlah tempat penginapan di beberapa titik kota. Lebih baik lagi kalau kamu bisa menginap di rumah kenalan dan saudara, karena perjalanan menyusuri Sumatera bisa memakan waktu berhari-hari. Kalau mau kemping di lokasi wisata alam akan lebih seru lagi.

Mari kita eksplorasi keindahan alam Sumatera dengan mengunjungi tempat-tempat berikut.

1. Pesisir Kalianda, Lampung

Dari pelabuhan Bakaheuni mengikuti jalur lintas barat Sumatera, kita bisa mampir ke pesisir Kalianda sebelum sampai di Bandar Lampung. Ada beberapa deretan pantai cantik yang terbentang di sepanjang Kalianda yaitu Tapak Kera, Kedu, Marina, Batu Lapis, Merak Belantun, Sebalang, dan lainnya. Semuanya memiliki panorama surgawi. Nampaknya perlu bermalam jika kita ingin menikmati pantai-pantai di Kalianda ini.

Baca Juga : Wisata Pantai Tanjung Selaki Tarahan

2. Pantai Gigi Hiu, Tanggamus – Lampung

Disebut juga Karang Pegadungan atau Pantai Batu Layar. Lokasinya berada di Desa Pegadungan, Kabupaten Tanggamus. Perairannya langsung menghadap Disebut Gigi Hiu. Dinamakan demikian karena banyak karang berujung lancip mirip gigi ikan hiu.

Kalau mau ke pantai ini, dari kota Bandar Lampung, kamu harus mengikuti jalur lintas Sumatera daerah barat. Para penjelajah biasanya rela meluangkan lebih waktu perjalanan untuk mengambil gambar dari karya ciptaan Tuhan yang luar biasa menakjubkan ini. Worth it deh!

3. Pantai Krui, Pesisir Barat Lampung

Pantai Krui adalah surganya para peselancar profesional. Pantai yang langsung menghadap ke samudra ini memiliki ombak nomor tujuh tertinggi di dunia. Sering diadakan kompetisi surfer internasional juga di sini.

Ada wisata ke Pulau Pisang dan beberapa air terjun yang memukau. Tetapi harus hati-hati buat yang gak bisa berenang, karena ombaknya sangat besar. Akibatnya, sering ada korban hanyut karena tidak menyadari cuaca buruk.

4. Keramikan dan Kawah Nirwana, Suoh – Lampung Barat

Tempat ini bagai surga tersembunyi di Liwa, Lampung Barat. Kedua tempat ini terpisah jarak 50 meter saja. Panorama vulkanik bisa kita rasakan, berupa panasnya uap dari kawah dan kecantikan lapisan material perut bumi yang membentuk lapisan seperti keramik berwana-warni.

Uap yang menghembus dari rekahan tanah menghasilkan pemandangan seperti sedang berada di negeri atas awan. Nantinya kamu melewati Taman Nasional Bukit Barisan untuk mencapainya.

5. Danau Ranau, Sumatera Selatan

Kamu bisa mengikuti jalur lintas barat, karena danau nomor dua terbesar di Sumatera ini terletak di perbatasan Lampung barat dan Sumatera Selatan, tepatnya di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Udaranya yang sejuk membuat betah berlama-lama di sana.

Related posts