Danau Camoi Aek Biru Di Bangka

Danau Camoi Aek Biru Di Bangka

Danau Camoi Aek Biru, Bangka Belitung  – Bangka Belitung merupakan sebuah daerah di Sumatera yang menarik untuk dikunjungi. Kepulauan ini memang terkenal dengan Pantai-pantai yang Ada di Bangka Belitung yang indah dan eksotis karena memiliki berbagai macam daya tarik berupa Wisata Bahari di Indonesia. Dan mungkin Belitung lebih populer di telinga wisatawan daripada Bangka. Padahal Bangka juga masih memiliki berbagai daya tarik tersendiri yang patut untuk dikunjungi juga sebagai objek wisata. Keindahan alam di Bangka juga masih alami sehingga tentunya apa yang disajikan akan sangat menawan. Tidak hanya pantai, Bangka juga memiliki danau terbaiknya, salah satunya adalah Camoi Aek Biru Bangka yang merupakan danau wisata yang populer saat ini.

Keindahan Camoi Aek Biru

Selain Danau Kaolin yang ada di Bangka, ada lagi satu danau yang populer baru-baru ini. Nama Camoi Aek Biru akhir-akhir ini langsung melejit berkat sosial media. Namun tidak heran mengapa nama dari Danau Biru ini langsung populer. Hal ini dikarenakan pemandangan yang ada di sana memang sangat menarik untuk dieksplorasi. Lokasi Camoi Aek Biru berada di Desa Air Bara, Koba.

Hal menarik dari objek wisata ini adalah adanya danau yang berwarna biru langit yang cerah. Warna ini warnanya sangat mirip dengan langit. Di tepi-tepinya daratannya berwarna putih karena merupakan dataran kapur, sehingga warna biru dan putih yang berpadu akan sangat terlihat cantik dan menawan.

Terbentuknya Camoi Aek Biru Bangka ini tidak lepas dari kondisi Bangka Belitung sendiri yang merupakan daerah penghasil timah terbesar di Indonesia. Bisa ditebak sebelumnya bahwa danau ini adalah salah satu bekas area tambang di Bangka yang saat ini sudah tidak dipergunakan lagi. Namun, justru karena itu lah tempat ini menjadi menarik.

Nama Camoi Aek Biru sendiri diambil dari bahasa setempat. Diman Camoi atau Camoik adalah istilah setempat untuk menyebut bekas galian tambang yang sudah tidak terpakai. Sedangkan Aek berarti air. Dari namanya sudah jelas bahwa tempat ini adalah bekas tambang yang sudah tidak terpakai lalu terisi air dan akhirnya air terlihat memiliki warna biru.

Kegiatan di Camoi Aek Biru

Walau tempat ini sudah cukup populer berkat media sosial, akan tetapi belum ada fasilitas wisata apapun di sana. Sehingga wisatawan yang akan berkunjung ke sana perlu memaklumi kondisi yang ada. Akan tetapi masih ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di sana, antara lain:

Berfoto

Satu hal yang pasti dilakukan oleh para wisatawan adalah berfoto-foto. Tentu saja hal ini dikarenakan keindahan Danau Biru ini yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda bisa berfoto-foto di dekat danau, di dataran kapur, atau di spot mana saja yang terlihat menarik. Jika berfoto di sana, hasil foto sudah pasti akan sangat menarik dan indah.

Berenang

Hal lainnya yang biasa dilakukan oleh pengunjung di Camoi Aek Biru Bangka adalah berenang. Masyarakat di sekitar danau mengatakan bahwa air danau ini bisa membuat kulit menjadi halus dan lembut. Jadi, jika Anda memang ingin menikmati kegiatan yang seru di sana dan membuktikan apakah benar bahwa air danau bisa berkhasiat untuk kulit Anda, ada baiknya membawa baju ganti supaya bisa masuk ke dalam airnya.

Melompat dari dinding danau

Para pengunjung yang sangat suka menguji adrenalin juga ada yang melompat dari dinding tepi danau ke dalam danau untuk menikmati suasana dan kegiatan wisata yang ada di sana.

Foto prewedding

Karena keindahan yang sangat mempesona serta memiliki pencahayaan yang bagus untuk berfoto-foto, tentunya lokasi ini cocok untuk dijadikan lokasi foto prewedding. Sehingga Anda bisa mencoba mampir ke sana terlebih dahulu untuk survey lokasi foto prewedding Anda.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Danau Biru atau yang juga dikenal sebagai Danau Salju ini.

Akses ke Camoi Aek Biru

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Camoi Aek Biru Bangka, sebenarnya aksesibilitas menuju ke sana cukup mudah. Hanya saja memang jaraknya cukup jauh dari kota Pangkal Pinang. Anda bisa berkendara kurang lebih 50 kilometer untuk menuju ke sana dari Pangkal Pinang. Yaitu sekitar 1,5 jam jika menuju ke sana dengan kendaraan roda empat. Di Perempatan Simpang Bemban, Anda bisa berbelok menuju ke Desa Air Bara. Dari sana akan terlihat Camoi Aek Biru di kiri jalan.

Tips Wisata

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke sana, ada baiknya memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

  • Sebaiknya Anda berkunjung di pagi hari atau sekalian di sore hari. Hal ini dikarenakan saat siang hari, cuaca di sana akan sangat panas. Belum lagi warna biru cerah dan putih pasti akan memantulkan lebih banyak cahaya dan membuat silau berlebihan.
  • Saat berkunjung ke sana, pastikan membawa baju ganti terutama bagi yang ingin mencoba berenang di danau tersebut.
  • Bawalah kaca mata hitam atau penutup kepala seperti topi dan sebagainya untuk berjaga-jaga jika suasana memang sedang terik dan panas.
  • Sebaiknya datang bukan di akhir pekan, karena di akhir pekan tempat ini akan lebih ramai dari hari biasanya dan Anda akan kesulitan berfoto jika ada banyak wisatawan. Namun jika memang hanya memiliki waktu liburan di akhir pekan, juga tidak mengapa.
  • Jaga selalu kebersihan dan kealamian yang ada di tempat wisata ini. Jangan dirusak dengan sampah agar keindahannya tetap terjaga.

Harga Tiket Masuk

Sebenarnya, karena objek wisata ini memang benar-benar baru dan masih belum ada yang mengelola, tidak ada harga tiket masuk sama sekali bagi para wisatawan, alias gratis. Akan tetapi, pengunjung yang membawa kendaraan tentunya perlu membayar retribusi parkir, yaitu seharga Rp 2.000 per kendaraan roda dua dan Rp 5.000 per kendaraan roda empat.

Related posts